Posting Blog

Mengapa Beberapa Orang Menolak Vaksinasi Covid-19?

Program pemerintah yaitu vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan hingga saat ini. Banyak warga yang sangat antusias dengan program satu ini. Namun, ada beberapa juga pihak yang menolak untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Melansir dari BBC, survei nasional oleh Kementerian Kesehatan dilaporkan bahwa Aceh dan Sumatera Barat lah yang menduduki jumlah penolakan vaksinasi paling banyak.

Hal seperti ini sebenarnya tidak terjadi hanya di Indonesia saja, tetapi di Amerika Serikat juga.

Saat awal masa pandemi, masyarakat AS sangat antusias untuk melakaukan vaksinasi. Namun, setelah kasus yang melonjak minat dari beberapa pihak mulai menyusut.

Pertanyaannya adalah, “Kenapa sih kok gak mau vaksin?”

Menurut Gracia Ivonika, M, Psi., Psikolog, “Wajar bila masih ada keraguan dalam diri beberapa orang. Masa ini sebenarnya memberikan fakta dan bukti nyata yang dapat mengarahkan pandangan mereka menjadi objektif,” ungkapnya.

“Beberapa orang menjadi apatis terhadap vaksin karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, terlebih vaksin ini adalah sesuatu yang baru.”

Beberapa faktor yang memengaruhi beberapa pihak tidak mau menjalankan vaksinasi adalah:

1. Pola Pikir

Faktor yang selanjutnya adalah pola pikir. Setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda.

Gracia mengungkapkan bahwa mereka yang menolak vaksinasi biasanya berusaha untuk menyampaikan sudut pandang terhadap orang lain. Dengan keyakinan mereka, mereka berupaya agar orang-orang yang dikenalnya tetap aman sesuai presepsi mereka.

3. Nilai yang dianut

Faktor yang terakhir adalah bisa jadi dari nilai yang dianut. Ada beberapa orang yang memegang nilai bahwa memasukkan cairan vaksin ke dalam tubuh dilarang oleh kepercayaannya.

Selain itu bisa juga karena proses pembuatan dan kandungan vaksin dianggap tidak sesuai dengan anjuran dan kepercayaannya.

Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.