Posting Blog

Protokol Isolasi Mandiri untuk ODP

Selama masa pandemi pasti Anda sudah sering mendengar istilah-istilah baru bukan? Salah satu istilah yang biasa Anda dengar mungkin adalah ODP.

ODP atau biasa disebut orang dalam pemantauan ini biasanya mempunyai kriteria salah satunya seperti berikut:

  • Demam dengan suhu kurang lebih diatas 38 derajat celcius
  • Batuk atau pilek
  • Memiliki Riwayat perjalanan ke negara yang memiliki transmisi lokal Covid-19
  • Memiliki Riwayat perjalanan atau tinggal di daerah dengan transmisi lokal di Indonesia dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala

Jika Anda menjadi ODP maka lebih baik untuk mencegah penularan untuk melindungi orang disekitar Anda. Lalu langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan?

  1. Isolasi mandiri

Jika Anda menjadi ODP maka lebih baik untuk melakukan isolasi mandiri. Tidak keluar rumah selama 14 hari kecuali jika Anda akan ke klinik atau rumah sakit untuk memeriksa keadaan Anda.

  1. Menggunakan kamar terpisah

Saat Anda melakukan isolasi maka gunakan kamar dan kamar mandi yang terpisah dari anggota keluarga yang lain. Selain itu jangan biarkan keluarga yang lain untuk masuk ke dalam kamar tidur ODP.

  1. Jangan lakukan kegiatan bersama

Selama Anda melakukan isolasi, jangan lakukan kegiatan bersama orang lain atau anggota keluarga yang lain, termasuk makan bersama.

  1. Menjaga jarak

Jika Anda sedang berada satu ruangan dengan anggota keluarga yang lain, maka dianjurkan untuk menjaga jarak setidaknya satu meter.

  1. Gunakan masker

Meskipun Anda berada di dalam rumah, tetap harus menggunakan masker ya. Ini semua dilakukan demi kebaikan bersama.

  1. Persiapkan kegiatan di kamar

Agar Anda tidak bosan saat melakukan isolasi, maka persiapkan kegiatan apa yang akan dilakukan di dalam kamar, seperti bermain musik, nonton film, membaca buku, atau mungkin berolahraga kecil di dalam kamar.

  1. Pisahkan alat makan

Pastikan Anda memisahkan alat makan dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu saat mencuci peralatan makan jangan lupa untuk menggunakan spon cuci yang berbeda.

  1. Cuci tangan teratur

Cuci tangan Anda secara teratur setidaknya 20 detik setiap mencuci tangan. Terlebih lagi saat setelah bersin, usai dari kamar mandi, dan setelah Anda batuk-batuk.

  1. Isolasi di ruangan yang memiliki ventilasi

Saat Anda melakukan isolasi, pilihlah kamar atau ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik. Selalu buka pintu dan jendela setiap hari agar udara segar masuk ke dalam ruangan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat menjadi ODP. Selalu jaga kesehatan dan stay safe everyone!

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.