Posting Blog

5 Tips Kesehatan untuk Tubuh Lebih Bugar

Dilansir dari Times of India, Minggu (25/12/2016) berikut 5 tips kesehatan yang bisa Anda lakukan untuk hidup yang lebih baik.

1. Mulai bergerak

Jika Anda mencari kegiatan olahraga yang tidak mengagetkan, mulailah dengan berjalan. Berjalan kaki merupakan cara terbaik untuk memudahkan Anda melakukan dan memulai olahraga dan jauh lebih ringan dibandingkan jogging atau berlari. Bahkan hanya dengan berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan stamina Anda dan mendorong metabolisme Anda. Dan ketika cuaca tidak memungkinkan Anda untuk berjalan di luar rumah, datangilah gym terdekat untuk menjalankan tips kesehatan ini.

Berjalan menggunakan treadmill juga bisa Anda lakukan dan dengan kemiringan yang bisa Anda sesuaikan Anda bisa mengaturnya menjadi seperti Anda berjalan menapaki sebuah bukit.

2. Cukupi kebutuhan cairan Anda

Minum air yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan Anda. Tercukupinya asupan cairan untuk tubuh juga sangat baik bagi pencernaan, fungsi organ tubuh dan melindungi kesehatan sendi.

Mencukupi kebutuhan harian akan cairan untuk tubuh juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan membantu menyingkirkan berbagai racun pada sistem Anda. Dan Anda harus meminum lebih banyak air lagi ketika Anda berolahraga karena Anda akan mengelauarkan cairan tubuh melalui keringat.  

3. Udara segar dan sinar matahari

Bertualang di luar dan terkena sinar matahari diketahui mendatangkan banyak manfaat, salah satunya yang penting ketika kulit Anda terkena sinar matahari adalah akan memacunya untuk memproduksi vitamin D.

Vitamin D akan membantu tubuh menyerap kalsium yang sangat vital perannya untuk membentuk dan menjaga tulang menjadi kuat dan sehat. Rendahnya vitamin D diketahui dapat memicu beberapa jenis kanker tertentu, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Kemampuan vitamin D dalam membantu penyerapan kalsium mencegah penyakit tulang seperti osteophorosis dan rakitis. Namun sinar matahari bukan satu-satunya sumber vitamin D, bisa juga ditemukan pada produk susu yang diperkaya, minyak ikan kod, telur, dan ikan seperti salmon dan tuna.

4. Istirahat dan relaksasi

Jangan pernah meremehkan pentingnya tidur malam yang cukup. Sesibuk apa pun kehidupan Anda, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk memulihkan energinya kembali.

Kurang tidur dapat memicu kelelahan, depresi dan kecemasan. Bahkan walaupun Anda kurang tidur hanya beberapa malam saja, bisa mempengaruhi mood, pertimbangan, dan ingatan Anda. Jika Anda kekurangan waktu tidur malam dalam jangka panjang hal tersebut bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti depresi dan penyakit jantung.

5. Makan makanan alami

Buah dan sayur-sayuran segar, protein ringan, dan gandum utuh merupakan hal yang terbaik bagi tubuh Anda. Banyak produk berbasis roti yang mengklaim berasal dari gandum utuh dan penuh nutrisi ternayat juga mengandung bahan pengawet dan kandungan gula yang berlebih.

Cobalah makan makanan sehat dengan membuatnya sendiri dari awal. Anda akan merasa tenang dengan mengetahui apa saja bahan yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi.

Sumber : Liputan6.com

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.