Posting Blog

Penyakit Khas di Musim Pancaroba

Akhir-akhir ini kondisi iklim dan cuaca sering berubah-ubah tak menentu. Kadang, ketika pagi hari matahari bersinar dan langit cerah. Akan tetapi, menjelang siang hari tiba-tiba awan mendung datang dan hujan deras begitu saja. Demikian halnya dengan suhu udara. Siang hari udara terasa panas sangat panas, dan kemudian malam hari udara berubah menjadi sangat dingin. Yap, inilah yang kita kenal dengan musim pancaroba.

Keadaan seperti ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kondisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan. Bukan cuma kodisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada moody untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit sangat perlu, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini. Jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu.

Diare

Di musim pancaroba, banyak orang terserang diare. Hal ini disebabkan karena banyaknya debu dan kotoran yang berpotensi menjadi vektor. Penyakit ini juga dipengaruhi oleh pola konsumsi. Apa yang kita makan dan minum bisa saja tercemar oleh kuman atau virus yang bisa menyebabkan diare. Cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, juga menjaga makanan dan minuman tetap higienis.

Penyakit saluran pernafasan

Gejala awal penyakit ini biasanya berupa batuk, baik batuk kering atau yang disertai pilek, sesak napas, peningkatan suhu badan atau pernapasan yang tidak normal. Ketika penyakit semakin serius, demam akan semakin tinggi (pada radang tenggorokan) bahkan disertai dengan toksemia atau keracunan (pada difteri). Cara pencenggahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi multivitamin yang bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terlebih saat musim pancaroba.

Demam dan Flu

Adalah penyakit yang mudah menyerang siapa saja di musim yang tidak menentu. Pada saat-saat tersebut, kuman dan virus melakukan serangan besar-besaran. Bila demam mulai menyerang, maka jangan disepelekan. Karena bisa jadi, ini merupakan gejala awal untuk infeksi ringan maupun serius. Untuk itu menjaga asupan makanan dan memilih nutrisi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh merupakan cara yang bisa dipilih untuk mencegah penyakit ini.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan di musim pancaroba ini?

Kami bagikan beberapa tips menghadapi musim pancaroba agar kondisi tubuh anda tetap dalam kondisi yang prima pada artikel selanjutnya.

sumber: sheentin.com

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.