Posting Blog

Asuhan Keperawatan RSUD Soetomo Surabaya

Inovamedika bersama dengan tim ITKI (Instalasi Teknologi Komunikasi dan Informasi) menyelenggarakan pertemuan dengan bagian keperawatan rumah sakit umum Dr. Soetomo Surabaya. Pertemuan ini membahas pengolahan master data SDKI-SLKI-SIKI dan cara pengisian metode modul asuhan keperawataan dalam rangka pengembangan penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS).

Acara pertemuan ini berlangsung pada hari jumat, 3 Januari tahun 2020 di aula command center instalasi teknologi komunikasi dan informasi rumah sakit umum Dr. Soetomo. Dalam pertemuan ini melibatkan bagian keperawatan rumah sakit umum Dr. Soetomo, bagian IT rumah sakit umum Dr. Soetomo (ITKI), sekjen persatuan perawat indonesia wilayah Jawa Timur yang juga bekerja sebagai dokter di rumah sakit umum Dr. Soetomo serta team dari Inovamedika.

Kegiatan ini diadakan karena rumah sakit umum Dr. Soetomo ingin melakukan perubahan terhadap penerapan asuhan keperawatannya, yang semula memakai metode NANDA NIC-NOC menjadi metode SDKI-SLKI-SIKI. Perubahan ini dilakukan karena rumah sakit umum Dr. Soetomo merasa metode NANDA NIC-NOC sudah tidak cocok diterapkan dalam kegiatan pelayanan kesehatan di rumah sakit umum Dr. Soetomo. Melalui kesepakatan yang telah dibuat oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), maka rumah sakit umum Dr. Soetomo menerapkan metode SDKI-SLKI-SIKI sebagai standar asuhan keperawatannya. Metode SDKI-SLKI-SIKI merupakan standar asuhan keperawatan yang dimiliki oleh indonesia.

Standar asuhan keperawatan indonesia memiliki tiga komponen utama yaitu, diagnosis keperawatan, intervensi keperawatan dan luaran (outcome) keperawatan. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah menerbitkan standar diagnosis keperawatan (SDKI) dan standar intervensi keperawatan (SIKI). Untuk menyempurnakan standar asuhan keperawatan, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) kembali menerbitkan standar luaran keperawatan (SLKI). Modul asuhan keperawatan ini masih dalam tahap pengembangan, dimana masih akan ada beberapa fitur yang akan ditambahkan atau direvisi sesuai dengan kebutuhan rumah sakit umum Dr. Soetomo, guna menunjang kebutuhan sistem asuhan keperawatan rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya.

Pada tahap pengembangan ini, pendampingan diberikan oleh Inovamedika selaku konsultan teknologi dan digital informasi di bidang perumahsakitan. Pendampingan ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang jadi kebutuhan dalam pengaplikasian modul asuhan keperawatan. “ini masih tahap pengembangan jadi sering ada pembahasan dengan user ataupun para pihak yang terkait, kebutuhannya seperti apa, yang kami targetkan Januari akhir selesai.” Ujar Iin (analyst Inovamedika)

 

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.