Posting Blog

Yuk Ikuti Tips Bepergian Saat Pandemi!

Semua orang selalu waspada saat masa pandemi seperti ini. Semua kegiatan selalu dilakukan secara online. Seperti bekerja dari rumah atau work from home, sekolah dari rumah atau secara daring, membeli makanan melalui aplikasi, dan masih banyak lagi.

Saat masa pandemi dan ada kepentingan mendesak yang memaksa Anda untuk bepergian jauh. Jangan khawatir. Yuk ikuti beberapa tips bepergian saat masa panndemi!

Sebelum bepergian:

 

1. Berdoa sebelum bepergian

Berdoa sebelum bepergian adalah hal yang wajib. Saat di dalam perjalanan kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi nantinya, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar selamat saat melakukan perjalanan.

2. Siapkan perlengkapan yang akan dibawa

Perlengkapan wajib saat masa pandemi adalah masker, hand sanitizer, disinfektan, obat-obat pribadi, dan peralatan pribadi yang lain. Usahakan  bedakan peralatan pribadi antara milik sendiri dengan anggota keluarga yang lain.

3. Cari tahu lokasi yang dituju

Jika lokasi yang dituju adalah daerah zona merah lebih baik Anda tidak menginap. Hindari lokasi yang ramai dan tidak menjalankan protokol kesehatan. Jangan lupa cari tahu klinik atau rumah sakit terdekat yang bisa Anda datangi.

4. Pastikan kondisi tubuh Anda

Jika tubuh Anda sedang merasa tidak enak atau sedang tidak fit pastikan Anda tidak keluar rumah terlebih dahulu.  Jangan memkasakan diri untuk keluar karena itu dapat membahayakan untuk Anda dan orang sekitar Anda.

 

Saat bepergian:

1. Selalu memakai masker di mana saja

Masker adalah hal wajib yang harus Anda pakai sebelum bepergian, karena masker dapat meminimalisir risiko Anda tertular virus Corona. Gunakan masker dengan benar dan jangan lupa mencuci tangan sebelum memakai masker.  Jangan lepas-pakai masker jika tidak sedang makan atau minum.

2. Selalu terapkan jaga jarak

Jangan lupa selalu menerapkan jaga jarak atau physical distancing dengan orang lain. Menjaga jarak minimal dua meter.

3. Rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Rutin cuci tangan Anda menggunakan air mengalir dan memakai sabun. Jika Anda ingin lebih praktis bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi Anda harus memilih hand sanitizer yang tepat yaitu yang mengandung minimal 60-95 persen.

4. Hindari menyentuh wajah

Hindari menyentuh wajah saat Anda bepergian dan tangan Anda sedang kotor, apalagi bagian mata, hidung, dan juga mulut. Mengapa demikian? karena virus dapat cepat masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

 

Setelah bepergian:

1. Hindari kontak lagsung dengan orang lain

Saat pulang dari bepergian jangan langsung melakukan kontak dengan orang lain. Pastikan Anda membersihkan diri terlebih dahulu. Semprot barang-barang Anda dengan disinfektan. Cuci pakaian yang Anda gunakan saat bepergian.

2. Lakukan tes Covid-19

Lakukan tes Covid-19 agar mengetahui apakah Anda dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Perhatikan kondisi tubuh Anda dan anggota keluarga selama dua minggu ke depan, jika tiba-tiba ada gejala segera lakukan tes Covid-19 di rumah sakit terdekat.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa untuk keluar rumah saat mendesak dan penting saja. Tetap patuhi protokol kesehatan dan stay safe everyone!

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.