Posting Blog

Cara Kerja Vaksin Sinovac Terhadap Virus Covid-19

Dalam langkah memerangi virus corona, kini Indonesia sudah mulai memberikan sebuah tindakan berupa pemberian vaksin. Untuk vaksin yang digunakan sangatlah beragam terdapat tujuh tipe.

Namun, salah satu yang digunakan di Indonesia adalah Sinovac atau CoronaVac. Vaksin satu ini telah dikembangkan oleh sebuah perusaaan di China dan telah melalui uji klinis.

Sinovac ini menggunakan metode inactivated. Yang mana mematikan virus sehingga di dalam vaksinya sudah tidak mengandung virus hidup.

Berikut Cara Kerja Vaksin Sinovac

Dikutip dari laman New York Times, terdapat 6 cara kerja dari jenis vaksin Sinovac. Diantaranya adalah :

1. Menonaktifkan virus corona

Dalam pembutannya, para peneliti menggunakan virus yang sudah tidak aktif. Yang mana kemudian dicampurkan dengan adjuvan.

Campuran tersebutlah yang mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan sebuah respon terhadap vaksin tersebut.

2. Menghentikan virus

Usai dilakukan vaksinasi maka sistem kekebalan tubuh akan merespons berbagai infeksi virus corona yang masih aktif dan hidup.

Nantinya, akan menghasilkan antibodi yang menempel pada virusnya. Sehingga mencegah virus tersebut masuk ke dalam sel.

3. Mengingat jenis virusnya

Vaksinasi ini nantinya akan membuat sistem kekebalan tubuh memiliki atau menghasilkan sel B. Sel inilah yang nantinya akan mengingat dan menyimpan informasi tentang virus corona.

4. Membuat sistem antibodi

Sel B yang dihasilkan dari vaksin tersebut juga dapat menghasilkan sistem antibodi yang bagus dan baik. Sehingga mampu membuat tubuh melawan virus tersebut.

5. Mendorong respons untuk kekebalan tubuh

Tak hanya menghasilkan sel B, vaksin ini juga menghasilkan sel T. Yang mana sel T tersebut jika cocok maka dapat membantu merekrut sel-sel kekebalan tubuh lainnya.

6. Terbuat dari virus Corona

Vaksin CoronaVac ini terbuat dari sampel virus corona pasien di China. Yang mana virus mati tersebut akan membuat antibodi tubuh untuk melawan virus Covid-19.

Untuk cara kerja dari vaksin ini tentunya diharapkan mampu memberikan hasil yang bagus. Sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus ini.

Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. Stay safe everyone!

 

Bagikan Posting Blog

Komentar (0)

Komentar

Ketik tulisan yang ada pada gambar.
Ketik tulisan yang ada pada gambar.
  

Ketik tulisan yang ada pada gambar.